PERDANA, PERAYAAN HARI PANGAN SEDUNIA 2023 DI PAROKI ST.YUSUP PRINGSEWU

PERDANA, PERAYAAN HARI PANGAN SEDUNIA 2023 DI PAROKI ST.YUSUP PRINGSEWU

 

Minggu(29/10), Menjadi pengalaman pertama bagi Paroki Pringsewu dalam Merayakan Hari Pangan Sedunia(HPS) setelah sekian lama. Perayaan Hari Pangan Sedunia tahun 2023 ini dimulai dengan Misa Perayaan yang dipimpin langung oleh Mgr. Visensius Setiawan Triatmojo. Setelah Perayaan Misa dilanjutkan dengan bazzar yang meliputi 2 Stand pemberdayaan dari Stasi Ambarawa dan Stasi GadingRejo, Stand Pengembangan Berbasis Ekologis Tanaman - ekoenzim: 1 dari Stasi Ambarawa, 1 dari Stasi GadingRejo, 1 dari Stasi Padangbulan, 3 dari Stasi Pringsewu dan 4 dari Stasi Panutan kemudian ada 38 UMKM dari umat Paroki Pringsewu, Selain itu juga ada  2 Stand dari CU Gentiaras dan Bunga Tanjung serta 1 Stand PSE dari Keuskupan Tanjung Karang.  Perayaan HPS ini disambut meriah oleh umat Paroki Pringsewu dan umat Paroki sekitar serta dihadiri oleh Kapolsek Pringsewu.



Dalam Pidato pembukaan , Mgr. Visensius Setiawan Triatmojo mengatakan  sangat berterima kasih dan bergembira atas terselenggaranya pangan sedunia tahun 2023 di Paroki Pringsewu dan sangat mengapresiasi serta berharap di tahun-tahun yang akan datang kalau bisa Tahun depan kita bisa membuat mungkin di tingkat Keuskupan kalau ada 1000 Stand, hampir semua begitulah UMKM UMKM yang ada di provinsi Lampung tidak hanya dari gereja kita tetapi juga dari masyarakat karena Hari Pangan Sedunia sejatinya adalah  bentuk dan cara kita untuk bisa mengabdi kepada masyarakat agar kita semua bersama-sama sebagai masyarakat mencapai kesejahteraan bersama kesejahteraan umum dan itu yang menjadi inti dari Hari Pangan Sedunia.



"Tahun ini kita mengadakan perayaan hari pangan sedunia untuk pertama kalinya. Setelah sekian tahun di Paroki Santo Yusup Pringsewu untuk mengawali bahwa Gereja Katolik juga sebenarnya sangat peduli terhadap masalah-masalah sosial secara khusus di bidang pertanian penyedia pangan bagi semua, juga terkait dengan pengembangan sosial ekonomi di Keuskupan terhadap umat kita. Maka sebagaimana Bapa Uskup sangat mengapresiasi perayaan yang diadakan di Paroki ini, dan berharap bahwa akan ada perayaan yang jauh lebih besar lagi yang melibatkan bukan hanya Gereja Katolik tetapi juga masyarakat luas sebagai kesaksian kita. Bahwa gereja juga peduli kepada pengembangan sosial ekonomi, maka Beliau berharap Sebenarnya tahun depan dibuat perayaan yang lebih di level Keuskupan dan semoga melalui perayaan ini umat semakin disadarkan bahwa gereja itu bukan hanya peduli soal doa, soal Liturgi gereja soal tugas-tugas dalam gereja tetapi juga menyangkut kehidupan sehari-hari umat termasuk juga masalah-masalah dan isu-isu baik itu secara global secara nasional maupun lokal. Dengan demikian ini menjadi awal bagi kita semakin peduli dengan pangan sehat dan berkelanjutan semakin juga peduli dengan bumi kita di mana bumi adalah penyedia pangan bagi semua dan juga peduli terhadap Indonesia yang punya visi ke depan tahun 2045 di mana sumber daya manusia yang berdaya saing ekonomi hijau dan juga pengembangan Sosialnya" kata Romo Bernadus Haryanto Silaban selaku Direktur PSE-Caritas Keuskupan Tanjung Karang dalam wawancaranya.



"Saudara saudara yang terkasih khususnya umat Katolik Paroki St.Yusup Pringsewu  kita bersama melaksanakan Perayaan Hari Pangan Sedunia yang menjadi kegiatan pertama kali di Paroki Kita, sejak Paroki kita mengadakan seksi khusus yaitu seksi pengembangan sosial ekonomi. Maka diharapkan dari seksi Ini bukan sekedar soal Sisi karitatif yang dikembangkan, Tetapi lebih pada pemberdayaan pendampingan bagi umat beriman dalam perjuangan untuk beroleh kesejahteraan. Dan perayaan ini Mau mengajak umat melihat bahwa kegiatan sosial ekonomi itu bukan sekedar karitatif, tapi di sana bisa mengembangkan apa yang ada dalam kehidupan kita, terkait pertanian, terkait dengan usaha, dan terlebih bisa membangun keguyuban umat beriman di Paroki ini. Bahwa semua saling mendukung satu sama lain dan semoga kegiatan ini semakin juga kehidupan kita, alam kita terjaga dengan baik sehingga bumi ini menjadi harapan bagi kita semua untuk beroleh kebahagiaan, kesejahteraan, dan terlebih kita boleh sungguh menyadari benar Anugerah rahmat Allah untuk kehidupan kita dengan melalui tanggung jawab memelihara bumi ini dengan baik. Selamat merayakan hari pangan sedunia di Paroki kita " Pesan dari RD. Laurentius Pratomo kepada Umat Paroki  St.Yusup Pringsewu .







Video Lengkap dapat dilihat di YOUTUBE: @parokipringsewu



Tidak ada komentar: